Menu
Kamis, Mei 7th, 2015

Makassar – Indonesia

Share is care...Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedInShare on Google+Share on Facebook

“KOTA Daeng” Makassar adalah icon dari Indonesia bagian Timur, serta merupakan lalu lintas masuk untuk tur menuju dataran tinggi Tana Toraja, dimana disana terkenal dengan pemandangan gunung yang mengagumkan dan kebudayaan serta ritual unik dari orang Toraja.

“KOTA Daeng” Makassar adalah icon dari Indonesia bagian Timur, serta merupakan lalu lintas masuk untuk tur menuju dataran tinggi Tana Toraja, dimana disana terkenal dengan pemandangan gunung yang mengagumkan dan kebudayaan serta ritual unik dari orang Toraja.

“KOTA DAENG”
Makassar merupakan pintu gerbang menuju Indonesia Timur, serta pintu masuk untuk wisata petualangan ke dataran tinggi Tana Toraja, di mana pemandangan gunung yang mengagumkan dan ritual unik dari masyarakat Toraja telah menanti.

[wptabs type=”accordion” mode=”horizontal”]
[wptabtitle] OVERVIEW [/wptabtitle] [wptabcontent]
Sebelumnya disebut Ujung Pandang, kota Makassar adalah kota terbesar di timur Indonesia. Ibukota Sulawesi Selatan, Makassar memiliki lokasi sentral di kepulauan Indonesia dan kini Makassar merupakan pusat penerbangan yang sibuk di Indonesia, menghubungkan Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan di sebelah barat dengan Sulawesi, Maluku dan Papua di timur.

Bahkan, sejak ke 14. abad Makassar sudah dikenal sebagai pelabuhan yang berkembang di mana kapal pedagang dari China, India dan Kamboja secara teratur untuk perdagangan sutra, teh dan porselen dalam pertukaran untuk cengkeh, pala dan mutiara dari Maluku dan emas dan hasil hutan dari Makassar dan pedalaman. Dan ketika di abad ke-16 Eropa menemukan rute berlayar ke Kepulauan Rempah yang banyak diincar, Spanyol dan Portugis membuat Makassar pelabuhan penting untuk menyimpan rempah-rempah mereka yang berharga sebelum pengiriman ke Eropa.

Sementara itu, pada semenanjung selatan Sulawesi, kelompok etnis Bugis, Makassar dan Mandar, terkenal karena kehebatan pelayarannya dan keterampilan pembuatan kapal, telah mengembangkan kerajaan yang kuat yang mendorong perdagangan, perikanan, budidaya padi serta sastra dan seni. puisi epik Bugis I la Galigo adalah karya sastra yang diakui di Bugis, seperti tarian anggun dan kostum sutra cerah para penari dengan aksesoris mereka yang dihiasi dengan gelang emas lebar, kalung mewah dan tiara.

Namun pada tahun 1667, melalui Traktat Bungaya, pedagang Belanda berhasil mengusir Portugis dan Spanyol dari Makasssar untuk membuat port ini benteng mereka, melarang Eropa lainnya dari perdagangan di Makassar. Belanda menghancurkan benteng Ujung Pandang yang dibangun oleh raja Gowa pada tahun 1545, dan dibentengi ini ke Fort Rotterdam, yang saat ini masih berdiri mencolok di tepi pantai Makassar, sedangkan raja Gowa diizinkan untuk tinggal di Fort Somba Opu.

Banyak kaum bangsawan Makassar yang menolak akan didominasi oleh Belanda, meninggalkan kota dan menetap di Kalimantan, Kepulauan Riau yang kini Malaysia. Sultan Selangor dan Johor adalah keturunan Bugis seperti sultan-sultan Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur.

Terletak di rute perdagangan yang sibuk di sepanjang Selat yang dalam dari Makassar, kota Makassar merupakan sebuah kota kosmopolitan yang ramai dengan pemukiman dari berbagai ras dan kelompok etnis, dari Cina, Eropa, Jawa, Bali, Ambon dan lain-lain, dimana kapal-kapal kargo lokal dan internasional terus menyerukan di pelabuhan yang sibuk nya. Sementara di pelabuhan tradisional nya dari Paotere, Bugis pinisi schooners dapat dilihat melapisi quay untuk membongkar barang dari pulau-pulau dekat dan jauh menjauh, dan berbagai jenis prahus memancing, seperti pantorani, para lepa-lepa dan sandeq membongkar hari menangkap .

Kini Makassar juga merupakan kota universitas, di mana pemuda dari seluruh pulau, terutama dari kepulauan timur berkumpul untuk mendapatkan pendidikan tinggi.
Dan, untuk memberikan hiburan bagi penduduk dan untuk menarik wisatawan terutama dari timur Indonesia, Makassar sekarang memiliki sebuah taman besar yang disebut Trans Studio, disebut-sebut sebagai theme park indoor terbesar ketiga di dunia. Untuk rincian, lihat: www.transstudioworld.com.

Bandara Sultan Hassanuddin Makassar saat ini bandara yang paling modern di Indonesia. Makassar memiliki taman terbuka indah disebut Pantai Losari, satu-satunya tempat di Indonesia di mana orang bisa melihat kedua matahari terbit yang indah sertamatahari terbenam yang menakjubkan.Pantai Losari dipagari dengan hotel mewah dan di malam hari menjadi hidup dengan kedai makanan.
[/wptabcontent]
[wptabtitle] ACCOMODATIONS [/wptabtitle] [wptabcontent]

  • Grand Clarion and Converention Center
  • Imperial Arya Duta Hotel
  • Grand Quality Hotel
  • Horison Hotel Makassar
  • Aston Hotel Makassar
  • Sahid Jaya Hotel Makassar
  • Pantai Gapura Hotel
  • Swiss Bell Inn Makassar
  • Santika Hotel Makassar
  • Singgasana Hotel Makassar
  • Makassar Golden Hotel
  • The Banua Hotel Makassar
  • Aerotel Smile Hotel
  • Colonial Hotel

[/wptabcontent]
[wptabtitle] ACTIVITIES [/wptabtitle] [wptabcontent]
Di Makassar kita menemukan sisa-sisa sejarah awal penaklukan Belanda di kepulauan Indonesia. Pada abad 16 dan 17, Spanyol, Portugis, Inggris dan Belanda berperang satu sama lain dan kerajaan lokal di perairan ini untuk hegemoni atas perdagangan rempah-rempah yang menguntungkan yang bersumber di Kepulauan Rempah di Maluku. Sementara atraksi terbaru di Makassar adalah sebuah taman hiburan indoor Trans Studio besar yang disebut. Pengunjung ke Makassar akan menyukai makanan laut segar disajikan dengan saus pedas, atau toko untuk pernak-pernik dan aksesoris emas yang lebih mahal dan kalung mutiara.
Sepertinya Makassar adalah pulau yang indah untuk berenang, snorkeling atau menyelam, sementara tidak jauh dari kota air terjun dan gua-gua prasejarah.

  • Fort Rotterdam: Fort Rotterdam berdiri secara jelas di tepi pantai Makassar sepanjang Pantai Losari, suatu keharusan bagi pengunjung untuk melihat. Awalnya disebut Benteng Ujung Pandang, benteng itu dibangun oleh Raja Gowa ke-9, Daeng Bonto Karaeng Imanurung Lakiung tahun 1545. Namun, setelah kekalahan Gowa yang diikuti dengan penandatanganan Perjanjian Bungaya tahun 1667, Benteng Ujung Pandang telah menyerah kepada Belanda, di bawah Laksamana Speelman benteng tersebut kembali dibangun dengan kokohnya, kemudian dinamakan dengan Fort Rotterdan, yang merupakan tempat kelahirannya sendiri.
  • Pantai Losari dan Pelabuhan Paotere: Pantai Losari menjadi kebanggaan sebagai taman terbuka terpanjang di Indonesia, yang diikuti oleh Boulevard di Manado. Di sinilah hotel kelas atas Makassar menawarkan pemandangan indah di laut, pulau-pulau di dekat Makassar, dan matahari terbenam yang spektakuler yang Pantai Losari yang terkenal.
  • Trans Studio Theme Park: Kebanggaan baru Makassar yaitu Trans Studio, taman indoor dengan lebar 20.000 m2 dan tinggi 20 meter yang diresmikan pada saat itu oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada tanggal 9 September tahun 2009 (09-09-09). Trans Studio sendiri merupakan bagian dari proyek Trans Studio World, yang akan mencakup Trans Walk dan Rodeo Drive, Trans Studio, dan hotel Trans. Proyek ini juga akan mencakup pusat perbelanjaan, supermarket, hotel, area kantor, daerah pantai rekreasi, dan pemukiman.
  • Masjid Al-Markas Al-Islam : Ini adalah salah satu masjid termegah di Indonesia, dan terbesar di bagian timur Nusantara. Terletak di pusat kota, masjid ini dibangun di atas lahan seluas 10 hektar. Arsitekturnya merupakan perpaduan menampilkan nilai-nilai Islam, budaya lokal dan desain modern yang merefleksikan kebanggaan dan identitas penduduk saat ini Makassar.
  • Kepulauan: Di tepi kota Makassar terdapat 13 pulau cantik, mudah diakses dengan perahu. Paling sering dikunjungi adalah Kayangan, Pulau Gusung, dan Pulau Samalona. Lautan yang mengelilingi pulau-pulau ini adalah rumah bagi satwa laut yang beragam, sehingga tempat yang sempurna untuk olahraga air seperti snorkeling atau menyelam.
  • Bantimurung: air terjun Bantimurung, terletak beberapa 45 km berjarak dari Makassar, sungguh pemandangan yang mengesankan di mana air jernih bergemuruh turun sekitar 12 meter di atas batu bulat besar ke dalam kolam di bawahnya. Pada akhir pekan air terjun penuh sesak dengan penduduk setempat, sehingga waktu terbaik untuk mengunjungi adalah selama hari seminggu.

[/wptabcontent]
[wptabtitle] AIRPORT, TRAIN, BUS STATION [/wptabtitle] [wptabcontent]
BANDARA
Sultan Hasanuddin International Airport (IATA: UPG) (ICAO: waaa) terletak 20 km dari Makassar dan memiliki penerbangan ke Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Banjarmasin, Balikpapan, Kendari, Palu, Manado, Gorontalo, Ambon, Ternate, Manokwari, Sorong, Kuala Lumpur, Singapura dan Jayapura. Ongkosnya mulai sekitar Rp 500.000 pada Lion Air dari Denpasar.

Taksi ke kota memerlukan biaya sekitar Rp 70.000 jika diatur secara langsung dengan sopir. Biaya resmi menuju bandara Rp 100.000 (Catatan: harga ini tidak termasuk biaya tol). Ada sebuah bus shuttle (Rp. 15.000) dari bandara (tingkat bawah) ke jalan utama (kerebosi pengadilan) dan Anda bisa naik becak atau trycicle ke setiap tempat di sekitar kota dengan harga sekitar Rp. 3.000 – Rp. 10.000. Pilihan lain naik Ojek (taksi moto) ke jalan utama dari bandara sekitar 3 km (Rp. 5.000) daripada mendapatkan bemo ke makassar mall (kota)

PERAHU
Makassar adalah pelabuhan utama untuk kapal Pelni. Jarak perjalanannya sekitar 16 jam ke Balikpapan, 24 ke Flores (Marapokot) dan lebih ke Surabaya, dan Tanjung Priok. Pelni memiliki sebuah website. Sebuah harga examplary selama 24 jam untuk Marapokot merupakan 180.000 rupiah.
[/wptabcontent]
[wptabtitle] DISTRICT [/wptabtitle] [wptabcontent]
Wilayah metropolitan Makassar (Mamminasata) meluas lebih dari 46 distrik administratif (kecamatan), yang terdiri dari semua 14 distrik di dalam kota, 9 kecamatan Kabupaten Takalar, 11 Kabupaten Gowa dan 12 Kabupaten Maros.

  • Makassar – 14 kecamatan, terdiri dari Tamalanrea, Biringkanaya, Manggala, Panakkukang, Tallo, Ujung Tanah, Bontoala, Wajo, Ujung Pandang, Makassar, Rappocini, Tamalate, Mamajang dan Mariso;
  • Takalar – 9 kecamatan, terdiri dari Mangarabombang, Mappakasunggu, Sanrobone, Polombangkeng Selatan, Pattallassang, Polombangkeng Utara, Galesong Selatan, Galesong dan Galesong Utara;
  • Gowa – 11 kecamatan, terdiri dari Somba Opu, Bontomarannu, Pallangga, Bajeng, Bajeng Barat, Barombong, Manuju, Pattallassang, Parangloe, Bontonompo dan Bontonompo Selatan; dan
  • Maros – 12 kecamatan, terdiri dari Maros Baru, Turikale, Marusu, Mandai, Moncongloe, Bontoa, Lau, Tanralili, Tompobulu, Bantimurung, Simbang dan Cenrana.

[/wptabcontent]
[wptabtitle] EMBASSIES [/wptabtitle] [wptabcontent]
Konsulat Jenderal Negara Jepang, Jl. Jenderal Sudirman No. 31, Makasar, ☎ (62-411) 871-030, 872-323, 851-882.
[/wptabcontent]
[wptabtitle] EVENTS [/wptabtitle] [wptabcontent]
Accera Kalompoang : merupakan upacara adat untuk membersihkan benda-benda pusaka peninggalan Kerajaan Gowa yang tersimpan di Museum Balla Lompoa. Inti dari upacara ini allangiri Kalompoang, memurnikan dan berat mengukur salokoa (murni emas mahkota) yang dibuat pada abad ke-14. Mahkota ini dipakai untuk pertama kalinya oleh Raja Gowa, saya Tumanurunga yang kemudian disimbolkan dalam peresmian Raja Gowa berikutnya.
[/wptabcontent]
[wptabtitle] FOOD & BEVERAGES [/wptabtitle] [wptabcontent]
MAKANAN

  • Pisang epe, Pantai Losari. pisang panggang yang ditekan, disajikan dengan gula merah cair. Tersedia dengan coklat dan / atau topping keju, dan durian (musiman) rasa.
  • Buroncong, Pantai Losari. Sarapan pagi kue. Dipanggang di kayu bakar. Ini terbuat dari parutan kelapa, tepung, dll
  • Nyuk Nyang, Jl. Timor. bakso daging babi bergaya Cina. Disajikan dengan kaldu daging babi yang lezat. Makanlah dengan sambal untuk rasa yang lebih baik. Pastikan Anda datang di pagi hari.
  • Sop Saudara, Hampir tersedia di mana-mana. Tradisional sup Sulawesi Selatan, mengandung daging, hati, paru-paru, dll Namun, Anda dapat memilih bahan yang Anda inginkan dalam sup Anda.
  • Pisang Ijo. Pisang dibungkus lapisan tepung beras hijau tebal, disajikan dengan santan kental dan sirup. Yang paling terkenal dibuat oleh Bravo Restaurant di Jl. Andalas, tetapi juga dapat ditemukan di Nyuk Nyan restoran Jl. Irian dan Jl. Bali, kadang-kadang hotel melayani Pisang Ijo juga.
  • Coto Makassar, Di mana-mana. Soto khas Makassar​​. Sangat mirip dengan Sop Saudara, tetapi memiliki rasa yang berbeda. Biasanya disajikan dengan lontong. Ini sangat mudah ditemukan di sekitar Makassar. Restoran coto terkenal adalah Coto Gagak di Jl. Gagak, Coto Nusantara di Jl. Nusantara, Coto Daeng di Jl. Karunrung dan Jl. Pengayoman, Coto Dewi di Jl. Sunu, Jl. Sultan Alauddin dan Jl. Perintis Kemerdekaan.
  • Abon ikan bandeng Assyifa. Ikan bandeng yang diserut .
  • Pangsit Mie, Sekitar Chinatown. Pangsit Mie merupakan mie disajikan dengan daging babi BBQ, ayam dan wontons. Mudah ditemukan di sekitar chinatown (Jl. Sulawesi, Jl Lombok, Jl. Sangir dan sekitarnya). Mereka biasanya hanya tersedia sampai waktu makan siang. Yang terkenal adalah Mie Pangsit Kenangan di Jl. Lombok, Pangsit Mie Toraja di Jl. Sulawesi dan Pansit Mie Madya di Jl. Buru.
  • Mie Kanton, Sekitar chinatown. Mie goreng bergaya Kanton. Mie ini biasanya digoreng atau panggang, disajikan dengan sup kental berisi sayuran, bakso goreng, dan daging babi. Dapat ditemukan di sekitar chinatown (seperti yang disebutkan di atas). Restoran terkenal Mie Kanton adalah Kios Lombok di Jl. Lombok, Lotus Restaurant di Jl. Lombok, Kios Ateng di Jl. Sangir, Kios Ramayana di Jl. Gunung Lompobattang, dll
  • Pallubasa. Sup daging khas Makassar. Sup pedas dan mengandung parutan kelapa. Pallubasa yang paling terkenal terletak di Jl. Serigala, yang dikenal sebagai Pallubasa Serigala. Catatan: Hindari makan siang karena sangat sulit untuk mendapatkan kursi di makan siang.
  • Nasi Kuning. Nasi kuning disajikan dengan berbagai hidangan. Salah satu sarapan yang paling favorit di Makassar. Yang paling terkenal merupakan Nasi Kuning Riburane, terletak di sudut Jl. Sulawesi dan Jl. Riburane atau Anda mungkin ingin mencoba Nasi Kuning Popsa, terletak DI Popsa dermaga di Jl. Penghibur. Beberapa nasi kuning penjual menjual di malam hari. Jika Anda memiliki rasa lapar tengah malam, Anda mungkin berjalan-jalan ke Jl. Ahmad Yani, ada kuning penjual nasi disebut Nasi Kuning Emon di Gedung Balaikota (Kantor Walikota).
  • Ikan Bakar Paotere, Paotere. Restoran seafood terkenal, restoran ini terkenal dengan bandeng panggang yang disajikan dengan saus kacang dan sup santan. Restoran makanan laut lainnya juga menjual bandeng panggang, tapi yang satu ini luar biasa.
  • Songkolo. Campuran beras ketan, disajikan dengan parutan kelapa goreng, ikan asin dan sambal (sambal tradisional). Cukup sulit untuk menemukan songkolo sekitar Makassar saat ini. Biasanya tersedia di pasar tradisional atau penjual makanan tradisional. Coba Pasar Bacan (Pasar Bacan) di pagi hari jika Anda ingin mendapatkan songkolo.

MINUMAN

  • Kafebuku, Jl.Tentara Pelajar no. 141. Phone : (62)411-336108, adalah kafe perpustakaan kecil – dekat pelabuhan dan merupakan tempat yang baik untuk minum kopi sambil membaca beberapa buku sastra Indonesia. Ada juga beberapa buku dalam bahasa Inggris.
  • Ballezza terletak di sebelah Imperial Aryaduta Hotel, dan ada sebuah pub di lantai pertama, keluarga style karaoke pada kedua / ketiga, dan klub dansa di lantai empat. Menarik kerumunan kebanyakan lokal, dengan beberapa ekspatriat dicampur masuk Olahraga akan di TV besar di lantai pertama, dan DJ yang dikirim dari Jakarta untuk bermain di lantai atas. Orang banyak yang sangat ramah, dan layanan orang-orang baik juga. Tempat yang baik untuk pergi untuk keluar malam.
  • Tayang Suki Restaurant, Jl. Pengayoman No. 21 E-G (Gedung Inul Vista Lt.3), ☎ 0411-449499. 11:00-23:00. Datang dan nikmati berbagai produk suki dan sup menyenangkan, masakan Cina eksotis, makanan laut segar, makanan sehat khusus, mencoba makanan penutup manis dan minuman. Semua dalam suasana nyaman dan layanan yang nyaman.
  • Woodsy Gab’s, urip sumoharjo (dalam pusat SPBU balap). Ini adalah food court yang nyaman untuk hang out. Kendi heinekken atau Bintang (bir terkenal Indonesia) hanya Rp 100.000.
  • Kampoeng Popsa, Jalan Ujung Pandang (di depan Fort Rotterdam). Pujasera nyaman. Ini adalah tempat yang bagus untuk melihat matahari terbenam. 640ml Heinekken di sini adalah sekitar Rp 35.000.

[/wptabcontent]
[wptabtitle] GETTING AROUND [/wptabtitle] [wptabcontent]
Dengan becak
merupakan becak dengan desain yang unik, sangat minimalis dibandingkan dengan yang di Jawa. Tarif tergantung pada jarak, biasanya Rp 3,000-10,000 sekitar kota

Dengan taxi
Ada banyak perusahaan taksi, semua memiliki tarif yang sama dan semua menggunakan argo.

Dengan petepete (Angkot)
Sebuah angkutan umum petepete dengan biaya Rp 3.000. Banyak memulai rute mereka dari Makassar Mall.

[/wptabcontent]
[wptabtitle] SHOPPING [/wptabtitle] [wptabcontent]
Makassar memiliki jenis pusat perbelanjaan Anda akan menemukan di setiap kota Indonesia lainnya besar, tidak ada yang sangat inspiratif. Termasuk yang terbesar:

  • MTC Karebosi (Makassar Trade Centre Karebosi), fitur: IT Centre (Electronik, Handphone, dan Komputer), Carrefour Express, Pasar Lokal, Cafe-cafe, Tempat bermain anak, CFC, dll.
  • Mall Ratu Indah, fitur: Matahari Next Generation Dept. Store, Gramedia Bookstore, Hero Supermarket, Disctarra, 21 Cineplex, Breadtalk, Excelso,Texas FC, Mcd, Pizza HUt, KFC, tempat bermain anak, beberapa cafe dan butik-butik, dll.
  • Mall Panakkukang: Matahari Dept Store, Rimo Dept. Store, Hypermart, Diamond Hypermarket, 21 Cineplex, Excelso, Gramedia, Disctarra, Breadtalk, AW, Sport Shop, Dunkin Donuts, Pizza Hut, Rotiboy, Jco, beberapa cafe, butik, tempat bermain anak, dll.
  • Trans Studio Mall: Hugo Boss, Guess, Gucci,Louis Vuitton, Giorgi Armani,and many other international brand store, Metro Dept Store, Gramedia Bookstore, ME Gallery(Apple authorised reseller),Pizza Hut dan Crocs.
  • Minyak Tawon (Minyak Gosok). Minyak gosok yang memiliki sejarah lebih dari 100 tahun berasal dari Makassar. Sangat umum dikenal dan Anda harus membeli item terutama di kalangan wisatawan domestik untuk hadiah dan penggunaan pribadi. Minyak ini tersedia hampir di mana-mana di kota dan cocok untuk luka terbuka, membengkak, nyeri dan gigitan nyamuk. Warga setempat mengatakan itu adalah konsumsi sebagai bahan yang digunakan adalah semua alami dan konsumsi, sehingga menggunakannya untuk menyembuhkan sakit gigi, batuk dan sakit tenggorokan. Namun, karena popularitasnya, dikatakan bahwa ada minyak palsu dijual pembelian sehingga terbaik di toko-toko terkemuka.

[/wptabcontent]
[wptabtitle] REFERENCES [/wptabtitle] [wptabcontent]
http://www.indonesia.travel/en/destination/481/makassar
http://wikitravel.org/en/Makassar
http://en.wikipedia.org/wiki/Makassar
http://www.indonesiawonder.com/en/tour/ritual-ceremony/traditional-ceremony-of-accera-kalompoang
[/wptabcontent]
[/wptabs]

Overview

Sebelumnya disebut Ujung Pandang, Kota Makassar adalah kota terbesar di timur Indonesia. Ibu kota Sulawesi Selatan, anda dapat menikmati sentral kepulauan Indonesia di Makassar dengan udara yang sejuk dan menyegarkan. di bagian barat menghubungkan Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan dengan Sulawesi, Maluku dan Papua di timur. Bahkan, sejak abad 14 Makassar sudah dikenal sebagai pelabuhan laut berkembang di mana kapal-kapal dagang dari China, India dan Kamboja sudah mulai masuk untuk perdagangan sutra, teh dan porselen yang masih menggunakan sistem barter dengan cengkeh, pala dan mutiara dari Maluku dan emas dan hasil hutan dari Makassar. Dan ketika abad ke-16 Eropa menemukan rute berlayar ke Kepulauan Rempah ini, kemudian menyusul Spanyol dan Portugis membuat Makassar menjadi basis penting mereka untuk menyimpan rempah-rempah yang berharga sebelum pengiriman ke Eropa. Sementara itu, di semenanjung selatan ini, Sulawesi, Bugis, Makassar dan kelompok etnis Mandar, dikenal mahir dalam berlayar dan membuat kapal.

Puisi The Bugis epik I La Galigo adalah karya yang terkenal dan diakui memiliki nilai seni tinggi oleh masyarakat Bugis, seperti tarian anggun dengan kostum sutra berwarna cerah di hiasi dengan aksesoris khas mereka seperti gelang emas lebar, kalung mewah dan tiara. Namun pada tahun 1667, melalui Perjanjian Bungaya, pedagang Belanda berhasil mengusir Portugis dan Spanyol dari Makasssar untuk membuat port ini menjadi miliki mereka, dan melarang negara bagian Eropa lainnya untuk melakukan perdagangan di Makassar. Belanda menghancurkan benteng Ujung Pandang yang dibangun oleh raja Gowa pada tahun 1545, dan berhasil membangun Fort Rotterdam, yang saat ini masih berdiri mencolok di tepi pantai Makassar, sedangkan raja Gowa diizinkan tinggal di Benteng Somba Opu. Banyak bangsawan Makassar yang menolak karena khawatir daerah ini akan didominasi oleh Belanda, sehingga banyak bangsawan yang memilih untuk meninggalkan kota dan menetap di Kalimantan, Kepulauan Riau dan Malaysia. Sultan Selangor dan Johor adalah keturunan Bugis seperti sultan Kutai Kartanegara dari Kalimantan Timur.

Terletak di jalur perdagangan yang sibuk di sepanjang Selat mendalam Makassar, kota Makassar adalah kota kosmopolitan yang ramai dengan berbagai ras dan kelompok etnis seperti Cina, Eropa, Jawa, Bali, Ambon dan lain-lain, di mana kapal-kapal kargo lokal dan internasional terus singgah di pelabuhannys. Sementara di pelabuhan tradisional Paotere, kspsl pinisi schooners milik bugid dapat dilihat melapisi dermaga untuk membongkar barang dari dekat dan jauh pulau, Makassar juga dikenal sebagai kota universitas, di mana pemuda dari seluruh pulau-pulau, terutama dari kepulauan timur datang untuk mendapatkan kualitas pendidikan yang lebih tinggi. Dan, untuk memberikan hiburan bagi penduduk dan untuk menarik wisatawan terutama dari Indonesia timur, Makassar sekarang memiliki sebuah taman besar dan sebagai tempat hiburan terbesar yang bernama Trans Studio, Untuk lebih details dapat anda lihat di web resminya : www.transstudioworld.com. Bandara Sultan Hassanuddin Makassar saat ini Bandara yang paling modern di Indonesia. Makassar memiliki esplanade indah disebut Pantai Losari, satu-satunya tempat di Indonesia di mana orang dapat melihat kedua matahari terbit yang indah serta spektakuler matahari terbenam.Ruangan Pantai Losari dipagari dengan hotel mewah dan di malam hari datang hidup dengan kios-kios makanan.

Accommodation

• Grand Clarion dan Converention Center
• Imperial Arya Duta Hotel
• Hotel Grand Quality
• Horison Hotel Makassar
• Aston Hotel Makassar
• Sahid Jaya Hotel Makassar
• Pantai Gapura Hotel
• Swiss Bell Inn Makassar
• Santika Hotel Makassar
• Singgasana Hotel Makassar
• Makassar Golden Hotel
• The Banua Hotel Makassar
• Aerotel Smile Hotel
• Colonial Hotel

Activities

Di Makassar kita akan banyak menemukan sisa-sisa sejarah awal penaklukan Belanda dari pulau-pulau Indonesia. Pada 16 dan abad ke-17, Spanyol, Portugis, Inggris dan Belanda berperang satu sama lain dan kerajaan lokal di perairan ini untuk menaklukan perdagangan rempah-rempah yang menguntungkan yang bersumber di Kepulauan Rempah di Maluku.

• Sebagai daya tarik wisatawan sebagai tempat hiburan terbaru, di makasar terdapat sebuah taman hiburan dengan area yang besar yang terkenal dengan sebutan Trans Studio. Pengunjung akan menyukai makanan laut segar yang disajikan dengan saus pedas, atau berbelanja pernak-pernik dan aksesoris emas mahal dan kalung mutiara. Sepertinya Makassar adalah pulau yang indah untuk berenang, snorkeling atau menyelam, sementara tidak jauh dari kota terdapat air terjun dan gua prasejarah.
• Fort Rotterdam: Fort Rotterdam berdiri mencolok di tepi pantai Makassar sepanjang Pantai Losari, suatu keharusan bagi pengunjung untuk melihat. Awalnya disebut Benteng Ujung Pandang, dibangun oleh Raja Gowa ke-9, Imanurung Daeng Bonto Karaeng Lakiung di 1545. Namun, setelah kekalahan Gowa yang diikuti dengan penandatanganan Perjanjian Bungaya pada tahun 1667, Fort Ujung Pandang itu menyerah kepada Belanda, yang di bawah Laksamana Speelman dibangun kembali dan memperkuat bentengnya yang kemudian berganri nama menjadi Fort Rotterdam, yang merupakan nama tempat kelahirannya sendiri.
• Pantai Losari dan Paotere Harbor: The Pantai Losari membanggakan diri sebagai Esplanade terpanjang di Indonesia, yang kemudian diikuti oleh Boulevard di Manado. banyak hotel kelas atas di Makassar yang menawarkan pemandangan indah di atas laut, pulau-pulau, dan matahari terbenam yang spektakuler yang dapat kita saksikan Pantai Losari terkenal.
• Trans Studio Theme Park: Kebanggaan baru Makassar adalah Trans Studio, memiliki luas sekitar 20.000 m2, taman dalam ruangan yang diresmikan oleh Wakil Presiden saat itu Jusuf Kalla pada tanggal 9 September 2009 (09-09-09). Trans Studio sendiri merupakan bagian dari Proyek Trans Studio World, yang akan mencakup Trans Walk and Rodeo Drive, Trans Studio, dan hotel Trans. Proyek ini juga akan mencakup pusat perbelanjaan, supermarket, hotel, area kantor, daerah rekreasi pantai, dan daerah perumahan.
• Masjid Al-Islam : Ini adalah salah satu masjid termegah di Indonesia, dan yang terbesar di bagian timur Nusantara. Terletak di pusat kota, masjid ini dibangun di atas lahan seluas 10 hektar. Arsitekturnya merupakan perpaduan nilai-nilai Islam dengan budaya lokal dan desain modern yang mencerminkan kebanggaan dan identitas penduduk makasar saat ini.
• Kepulauan: Fronting kota Makassar yang terdiri dari 13 pulau cantik, mudah diakses dengan perahu. Yang Paling menjadi tujuan utama untuk dikunjungi adalah Pulau Kayangan, Gusung Island, dan Pulau Samalona. Laut sekitarnya pulau-pulau ini adalah rumah bagi satwa laut yang beragam, sehingga tidak heran tempat ini merupakan tempat yang sempurna untuk olahraga air seperti snorkeling atau diving.
• Air Terjun Bantimurung: Terletak sekitar 45 km dari kota Makassar, merupakan pemandangan yang mengesankan di mana air jernih bergemuruh turun dari ketinggian 12 meter di atas batu bulat besar. Pada akhir pekan air terjun ini ramai di kunjungi oleh penduduk setempat, sehingga waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada hari selain akhir pekan.

Airport, Bus, Train Station

AIRPORT
Sultan Hasanuddin International Airport (IATA: UPG) (ICAO: WAAA) terletak 20 km dari Makassar dan memiliki penerbangan menuju Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Banjarmasin, Balikpapan, Kendari, Palu, Manado, Gorontalo, Ambon, Ternate, Manokwari, Sorong, Kuala Lumpur, Singapura dan Jayapura. Tarif mulai dari sekitar Rp 500.000 dari Lion Air dari Denpasar. Sebuah taksi ke kota dengan biaya sekitar Rp 70.000 jika diatur langsung dengan sopir. Biaya Bandara resmi Rp 100.000 (Catatan: harga ini tidak termasuk Biaya Tol). Ada sebuah bus shuttle (Rp. 15.000) dari (tingkat bawah) bandara ke jalan utama (pengadilan kerebosi) dan Anda bisa mendapatkan becak atau trycicle ke setiap tempat di sekitar kota dengan biaya sekitar Rp. 3.000 – Rp. 10.000. Pilihan lainnya anda dapat menggunakan Ojek (taksi moto) ke jalan utama dari bandara sekitar 3 km (Rp. 5.000) dari untuk kemudian mendapatkan bemo ke mal makassar (kota)

BOAT
Makassar merupakan pelabuhan utama untuk kapal Pelni. Memakan waktu sekitar 16 jam ke Balikpapan, 24 jam ke Flores (Marapokot) dan ke Surabaya, dan Tanjung Priok. Pelni memiliki website. Harga examplary selama 24 jam untuk Marapokot adalah 180.000 rupiah.

Food & Beverages

MAKANAN

• Pisang epe, Pantai Losari. Pisang bakar ditekan, disajikan dengan gula merah cair. Tersedia dengan cokelat dan / atau topping keju topping, dan rasa durian (musiman).
• Buroncong, Pantai Losari. Merupakan menu sarapan kue pagi hari khas makassar. Dipanggang di kayu bakar. Kue Ini terbuat dari parutan kelapa, tepung, dll
• Sop Saudara, Hampir berada di mana-mana. Sup Tradisional Sulawesi Selatan, mengandung daging, hati, paru-paru, dll Namun, Anda dapat memilih bahan yang Anda inginkan dalam sup Anda.
• Pisang Ijo. Pisang dibungkus tebal hijau dengan lapisan tepung beras, disajikan dengan santan kental dan sirup. Yang paling terkenal ini dibuat oleh Bravo Restaurant di Jl. Andalas, tetapi juga dapat ditemukan di Nyuk Nyan restoran di Jl. Irian dan Jl. Bali.
• Coto Makassar, berada di mana-mana. Sup makassar tradisional Sangat mirip dengan Sop Saudara, tetapi memiliki rasa yang berbeda. Biasanya disajikan dengan lontong. Makan ini sangat mudah untuk ditemukan di sekitar Makassar. Restoran coto terkenal adalah Coto Gagak di Jl. Gagak, Coto Nusantara di Jl. Nusantara, Coto Daeng di Jl. Karunrung dan Jl. Pengayoman, Coto Dewi di Jl. Sunu, Jl. Sultan Alauddin dan Jl. Perintis Kemerdekaan.
• Abon ikan bandeng Assyifa. Ikan bandeng diparut.
• Pallubasa. sup daging gaya makasar. Sup pedas dan mengandung kelapa parut. Pallubasa paling terkenal terletak di Jl. Serigala, dikenal sebagai Pallubasa Serigala. Catatan: Hindari makan siang karena sangat sulit untuk mendapatkan kursi di makan siang.
• Nasi Kuning. Nasi kuning yang disajikan dengan berbagai hidangan. Salah satu sarapan paling favorit di Makassar. Yang paling terkenal adalah Nasi Kuning Riburane, terletak di sudut Jl. Sulawesi dan Jl. Riburane atau Anda mungkin ingin mencoba Nasi Kuning Popsa, terletak DI dermaga Popsa di Jl. Penghibur. Beberapa penjual nasi kuning baru membuka kedainya di malam hari. Jika Anda merasa lapar tengah malam, Anda mungkin bisa berjalan-jalan ke Jl. Ahmad Yani, ada penjual nasi kuning yang disebut Nasi Kuning Emon di Gedung Balaikota (Kantor Walikota) yang buka selama 24 jam.
• Ikan Bakar Paotere, Terkenal sebagai restoran seafood, menu mereka yang paling terkenal adalah bandeng panggang mereka disajikan dengan saus kacang dan sup santan. selain restoran seafood juga menjual panggang bandeng, untuk menu yang satu ini memiliki rasa yang luar biasa.
• Songkolo. Beras ketan diaduk, disajikan dengan parutan kelapa goreng, ikan asin dan sambal (sambal tradisional). cukup sulit untuk menemukan songkolo di sekitar Makassar saat ini. biasanya tersedia di pasar tradisional atau penjual makanan tradisional. Sebagai petunjuk, anda dapat mengunjungi Bacan Market (Pasar Bacan) di pagi hari jika Anda ingin menikmati rasa songkolo.

MINUMAN

• Kafe Book, berada di Jl.Tentara Pelajar no 141. Telepon: (62) 411-336108, adalah sebuah kafe-perpustakaan kecil dekat pelabuhan dan merupakan tempat yang baik untuk minum kopi dan tersedia beberapa sastra Indonesia. Ada juga beberapa buku dalam bahasa Inggris.
• Ballezza berada di sebelah Imperial Aryaduta Hotel, dan ada brewpub di lantai pertama, terdapat pula karaoke keluarga karaoke di lantai kedua / ketiga, dan klub dansa di lantai empat.
• Tayang Suki Restaurant, Jl. Pengayoman No 21 EG (Gedung Inul Vista Lt.3), ☎ 0411-449499. 11:00-23:00. Datang dan menikmati berbagai macam hidangan lezat di restaurant iniseperti, masakan Cina eksotis, makanan laut segar, makanan sehat, mencoba makanan penutup yang manis dan minuman. Semua disajikan dalam suasana yang nyaman dan layanan yang nyaman.
• Urip Sumoharjo. Merupakan food court yang nyaman untuk nongkrong. Sebuah heinekken pitcher hanya seharga Rp 100.000 di tempat ini.S
• Kampoeng Popsa, berada di Jalan Ujung Pandang (di depan Fort Rotterdam). Food court yang nyaman. Ini adalah tempat yang bagus untuk melihat matahari terbenam. 640ml Heinekken di sini harganya sekitar Rp 35.000.

Getting Around

Becak
Becak, becak disini di desain unik, sangat minimalis dibandingkan dengan becak yang berada di Jawa. Tarifnya tergantung pada jarak, biasanya Rp 3,000-10,000.

Dengan taksi
Ada banyak perusahaan taksi disini, semua memiliki tarif yang sama dan semua menggunakan meteran taksi.

Dengan petepete (Angkot)
Sebuah petepete publik memiliki tarif resmi sebesar Rp 3.000. banyak rute yang di laluinya mulai dari Makassar Mall.

Shopping

• MTC Karebosi (Makassar Trade Centre Karebosi), fitur: IT Centre (Electronic, Handphone, dan Komputer), Carrefour Express, Toko lokal, Kafe, Taman Bermain, CFC, dll
• Mall Ratu Indah, fitur: Matahari Next Generation Dept Store, Toko Buku Gramedia, Hero Supermarket, Disctarra, 21 Cineplex, Breadtalk, Excelso, Texas FC, Mcd, Pizza Hut, KFC, taman bermain, Beberapa kafe dan butik, dll
• Mall Panakkukang: Matahari Dept Store, Rimo Dept Store, Hypermart, Diamond Hypermarket, 21 Cineplex, Excelso, Gramedia, Disctarra, Breadtalk, AW, Sport Toko, Dunkin Donuts, Pizza Hut, Rotiboy, JCO, beberapa kafe, butik, taman bermain , dll
• Trans Studio Mall: Hugo Boss, Guess, Gucci, Louis Vuitton, Giorgi Armani, dan banyak toko merek internasional lainnya, Metro Dept Store, Toko Buku Gramedia, ME Gallery (Apple reseller resmi), Pizza Hut dan Crocs.
• Minyak Tawon (Minyak Gosok). Minyak obat yang memiliki nilai sejarah lebih dari 100 tahun berasal dari Makassar. Merupakan salah satu tempat yang harus dikunjungi terutama di kalangan wisatawan domestik untuk hadiah dan penggunaan pribadi. Minyak ini tersedia hampir di mana-mana di kota dan cocok untuk luka terbuka, membengkak, nyeri dan gigitan nyamuk. Penduduk setempat mengatakan bahan untuk membuat minyak tersebut menggunakan bahan alami, sehingga ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti menyembuhkan sakit gigi, batuk dan sakit tenggorokan. Namun anda harus tetap hati-hati karena banyak juga beredar produk imitasi, sehingga di sarankan untuk membeli obatnya di toko-toko resmi.

Makassar, South Sulawesi, Indonesia


GET YOUR BEST DEAL RIGHT NOW

Far far away, behind the word mountains, far from the countries Vokalia...

Read More