Kamboja

Cambodia

“KERAJAAN PENUH KEAJAIBAN”

Naik ke alam para dewa, Angkor Wat. Turun ke neraka Khmer Merah di Tuol Sleng. Berkat sejarah yang inspiratif dan menyedihkan, Kamboja memberikan sebuah hadiah memabukkan bagi pengunjung yang cinta petualangan.

OVERVIEW

Kerajaan Kamboja (ព្រះរាជាណាចក្រកម្ពុជា ឬ ប្រទេសកម្ពុជា) adalah negara di Asia Tenggara yang berbatasan dengan Vietnam di timur, Laos di sebelah utara, Thailand ke arah barat laut, dan Teluk Thailand di barat daya.

Setelah meninggalkan masa lalu yang bermasalah, Kamboja dengan cepat menjadi salah satu tujuan wisata Asia Tenggara terpanas. Kuil-kuil yang menakjubkan di Angkor sudah jelas menjadi atraksi utama untuk sebagian besar pengunjung, namun negara ini juga menawarkan banyak hal lain: pantai pasir putih, hutan yang alami, iklim nyaman, dan suasana santai yang menyegarkan. Terpikat oleh semua ini, wisatawan telah berbondong-bondong ke negara itu dalam jumlah yang meningkat selama dekade terakhir. Pemerintah Kamboja dengan bangga menyatakan pada 2007 terdapat dua juta pengunjung asing. Dengan infrastruktur pariwisata yang meningkat cepat, Kamboja modern akan segera menyaingi tetangganya yang lebih terkenal dari segi aksesibilitas dan daya tarik wisata.

CITIES, STATES & TERRITORIES

Kamboja dapat dibagi menjadi empat wilayah geografis dan budaya:

Cardamom dan Pegunungan Gajah (Battambang, Kampot, Koh Kong, Pailin, Pursat, Sihanoukville, Bokor National Park, Kep) – Pegunungan di bagian barat, pantai di pesisir Teluk dan pulau-pulau lepas pantai

Kamboja Barat Laut (Angkor Archaeological Park, Siem Reap, Sisophon, Koh Ker, Poipet, Danau Tonle Sap, Preah Vihear) – Angkor, alasan utama sebagian besar pengunjung datang ke Kamboja, ditambah sebuah danau besar dan pegunungan di bagian utara

• Dataran Rendah Mekong dan Dataran Tengah (Phnom Penh, Kampong Cham, Kompong Thom, Krek) – Ibukota dan dataran rendah di daerah tengah Kamboja

Kamboja Timur (Banlung, Kratie, Sen Monorom, Stung Treng) – Daerah pedesaan dan taman nasional di sebelah timur sungai Mekong yang perkasa

Kota-kota di Kamboja antara lain:

• Phnom Penh – ibukota Kamboja

• Banlung – ibukota provinsi timur laut yang cukup jauh, terletak dekat beberapa air terjun besar dan taman nasional

• Battambang – kota terbesar kedua Kamboja

• Kampot – kota antara ibukota dan Sihanoukville, serta pintu masuk ke Taman Nasional Bokor

• Koh Kong – kota perbatasan kecil dekat perbatasan Thailand

• Kompong Thom – Pintu masuk yang tidak terlalu ramai ke kuil kuno dan situs lainnya

• Kratie – kota sungai yang tenang di timur laut sungai Mekong, dan tempat yang sangat baik untuk melihat dari dekat lumba-lumba sungai yang terancam punah

• Siem Reap – jalur masuk ke Angkor Wat

• Sihanoukville – pantai kota di selatan, juga dikenal sebagai Kompong Som

CULTURE

Pada 2010, Kamboja memiliki perkiraan populasi sekitar 14.805.358 orang. Sembilan puluh persen dari populasi Kamboja adalah etnis Khmer yang berbicara dalam bahasa Khmer, bahasa resmi Kamboja. Populasi Kamboja relatif homogen. Kelompok minoritas termasuk etnis Vietnam, Cina, dan Khmer Cham Loeu.

Budaya dan tradisi Kamboja memiliki sejarah bervariasi sejak berabad-abad lalu. Selama bertahun-tahun, rakyat Kamboja mengembangkan tradisi unik dari sinkretisme adat agama Buddha dan Hindu. Masayrakat Kamboja dibesarkan untuk menghormati budaya mereka dan sangat tradisional dalam cara hidup mereka. Wisatawan akan melihat warga Kamboja dengan sopan mengekspresikan sapaan ramah “Chumreap Suor” ketika mereka bertemu anda. Masakan Kamboja termasuk mie, sup, makanan panggang, makanan goreng, kari, salad, dessert, sayuran, buah-buahan tropis, dan tentu saja nasi yang merupakan makanan pokok bagi masyarakat Kamboja.

Ada banyak tarian klasik di Kamboja, yang merupakan bentuk seni indah yang dahulu terbatas untuk istana kerajaan dan ditarikan oleh perempuan. Dikenal secara resmi dalam bahasa Khmer sebagai Robam Apsara, para penari tarian ini sering disebut sebagai penari Apsara. Kunjungan ke Kamboja lengkap ketika anda telah menghadiri setidaknya satu pertunjukan tari tradisional tersebut.

CURRENCY

Mata uang Kamboja adalah riel, disingkat “r”. Uang kertas terdapat dalam denominasi 50, 100, 200, 500, 1000, 2000, 5000, 10.000, 20.000, 50.000 dan 100.000, namun denominasi besar yang jarang terlihat, karena dolar cenderung digunakan untuk transaksi yang lebih besar. Dolar AS diterima di mana-mana, Anda dapat membayar dalam dolar ketimbang riel di guesthouses, restoran, lokasi wisata, bahkan pedagang kaki lima. Koin USD tidak digunakan, jadi semua kembalian kecil Anda akan dikembalikan dalam mata uang lokal, dan transaksi yang lebih kecil yang hampir selalu dilakukan dalam riel, dengan kurs yang digunakan adalah $ 1 = 4000r.

EMERGENCY NUMBER

  • Ambulans ☎ 119 & 023 724 891
  • Polisi ☎ 117
  • Pemadam Kebakaran ☎ 118 & 012 786 693
  • Polisi Turis ☎ 023 724 793 & 012 942 484

GEOGRAPHY

Terletak di barat daya Semenanjung Indocina, Kamboja memiliki total luas 181.035 kilometer persegi dan berbatasan dengan Thailand di sebelah barat dan barat laut, Laos di timur laut, Vietnam di timur, dan Teluk Thailand di barat daya. Letak geografis Kamboja adalah 13 N, 105 E. Sebagian besar Kamboja terdiri dari dataran rendah, dengan pegunungan di barat daya dan utara.

Dua ciri fisik yang dominan dari Kamboja adalah sungai Mekong, yang mengalir dari utara ke selatan negara itu, dan Danau Tonlé Sap. Sumber daya alam Kamboja termasuk minyak dan gas, kayu, batu permata, bijih besi, mangan, fosfat, serta potensi pembangkit listrik tenaga air.

GETTING AROUND 

Wisatawan dapat melakukan perjalanan ke seluruh bagian Kamboja dengan bus, taksi, perahu motor, dan pesawat. Dalam ibukota Phnom Penh, Provinsi Siem Reap dan Provinsi Preah Sihanouk, pemandangan selama perjalanan dapat dinikmati dengan menaiki Reumork. Bus tersedia dari Phnom Penh ke Siem Reap, Preah Sihanouk, Pursat, Battambang, Poipet, Banteay Meanchey, Kratie, dan Preah Vihear.

Perahu adalah sarana yang sangat populer di sepanjang sungai Tonlé Sap, Bassac, dan Mekong. Perahu ini mengatasi kerumitan berkelok-kelok di sepanjang jalan raya, dan menawarkan pemandangan spektakuler sepanjang jalan. Angkor Air Cambodia, maskapai penerbangan nasional Kamboja beroperasi ke dan dari Phnom Penh dan Siem Reap setiap harinya. Di ibukota Phnom Penh dan provinsi Siem Reap, sebuah Cyclo dam sopirnya dapat disewa dengan harga yang wajar, sepakatilah harga sebelum perjalanan.

GETTING THERE 

Kamboja memiliki dua bandara internasional untuk kedatangan melalui udara, Phnom Penh dan Siem Reap. Bandara Internasional Phnom Penh (PNH, 023-890.520, www.cambodia-airports.com/phnompenh/en) adalah pintu gerbang ke ibukota Kamboja, sementara Bandara Internasional Siem Reap (REP, 063-380.283, www.cambodia-airports.com / Siemreap / en) melayani para pengunjung ke candi Angkor. Kedua bandara memiliki kualitas yang baik dari layanan, termasuk restoran, bar, toko-toko dan ATM.

  • Airlines flying to/from cambodia
  • Air Asia (AK; 356011; www.airasia.com; hub Kuala Lumpur)
  • Angkor Airways (G6; 222056; www.angkorairways.com; hub Phnom Penh)
  • Asiana Airlines (OZ; 890440; www.asiana.co.kr; hub Seoul)
  • Bangkok Airways (PG; 722545; www.bangkokair.com; hub Bangkok)
  • China Eastern Airlines (MU; 063-965229; www.ce-air.com; hub Shanghai)
  • China Southern Airlines (CZ; 430877; www.cs-air.com; hub Guangzhou)
  • Dragon Air (KA; 424300; www.dragonair.com; hub Hong Kong)
  • Eva Air (BR; 219911; www.evaair.com; hub Taipei)
  • Jetstar Asia (3K; 220909; www.jetstarasia.com; hub Singapore)
  • Lao Airlines (QV; 216563; www.laoairlines.com; hub Vientiane)
  • Malaysia Airlines (MY; 426688; www.malaysiaairlines.com; hub Kuala Lumpur)
  • PMT Air (U4; 221379; www.pmtair.com; hub Phnom Penh)
  • Shanghai Airlines (FM; 723999; www.shanghai-air.com; hub Shanghai) Regular
  • Siem Reap Airways (FT; 720022; www.siemreapairways.com; hub Phnom Penh)
  • Silk Air (MI; 426807; www.silkair.com; hub Singapore)
  • Thai Airways (TG; 214359; www.thaiair.com; hub Bangkok)
  • Vietnam Airlines (VN; 363396; www.vietnamair.com.vn; hub HCMC)

GOVERNMENT

Sistem emerintahan Kamboja adalah sebuah monarki konstitusional yang dioperasikan sebagai demokrasi perwakilan parlemen. Perdana Menteri Kamboja, yang dijabat oleh Hun Sen sejak tahun 1985, adalah kepala pemerintahan, sedangkan Raja Kamboja (saat ini Norodom Sihamoni) adalah kepala negara. Perdana menteri ditunjuk oleh raja, atas saran dan dengan persetujuan Majelis Nasional.

Perdana menteri dan menteri ditunjuk menjalankan kekuasaan eksekutif sementara kekuasaan legislatif dibagi antara eksekutif dan Parlemen bikameral Kamboja, yang terdiri dari majelis rendah yaitu Majelis Nasional atau Radhsphea dan majelis tinggi yaitu Senat.

LANGUAGE

Bahasa Khmer adalah bahasa resmi Kamboja. Bahasa Khmer berasal dari rumpun bahasa Mon-Khmer (Austro-Asiatik). Bahamasa Khmer terkenal karena memiliki salah satu set abjad terbesar, yang terdiri dari 33 konsonan, 23 vokal dan 12 vokal independen.

Wisatawan mungkin ingin belajar frase yang diucapkan beberapa saat sebelum atau ketika mengunjungi Kamboja, namun Bahasa Inggris juga secara luas digunakan dan dipahami. Bahasa Perancis dan Mandarin juga sering diucapkan, warga Kamboja lanjut usia menguasai Bahasa Perancis dan banyak penduduk Khmer-Cina berbahasa Mandarin.

PUBLIC HOLIDAYS

Kerajaan Kamboja memiliki kekayaan festival tradisional dan budaya menurut penanggalan kalender bulan Kamboja. Semua festival ini dipengaruhi oleh konsep-konsep agama Buddha, Hindu, dan budaya kerajaan.

• Januari 1 Hari Tahun Baru Internasional

• 7 Januari Hari Kemenangan atas rezim genosida Khmer Merah, merayakan pembebasan Phnom Penh pada tahun 1979 dari Khmer Merah

• Maret 8 Hari Perempuan Internasional

• April 12/13-15 (variatif) Bonn Chaul Chhnam (Tahun Baru Khmer)

• 1 Mei Hari Buruh

• Mei (variatif) Bonn Chroat Preah Nongkoal, ” Upacara Membajak Sawah”

• Mei (variatif) Visakha Bochea memperingati kelahiran Buddha

• Juni 1 Hari Anak Internasional

• 18 Juni Ulang Tahun Yang Mulia Ratu

• September 24 Hari Konstitusi dan Naik Takhta

• Akhir September Bonn P’chum Ben, “Hari Leluhur ‘”

• 23 Oktober HUT Perdamaian Perjanjian Paris memperingati konferensi Paris 1991 tentang Kamboja

• 30 Oktober – 1 November Ulang Tahun Raja Sihanouk

• November 9 Hari Kemerdekaan

• Awal November Bonn Om Tuk, “Festival Air”

• Desember 10 Hari HAM PBB

THINGS TO DO

• Kunjungi Danau Tonle Sap

• Bersantai di pantai & mengunjungi pulau-pulau tropis di lepas pantai Sihanoukville

• Temukan keindahan Royal Palace dan Silver Pagoda di Phnom Penh

• Nikmati sungai dan ketenangan di Kampot

• Jelajahi Taman Nasional Bokor

• Kunjungi Candi Angkor di Siem Reap

• Telusuri jalan – jalan terpencil dengan tur sepeda motor

• Nikmati Tarian Apsara

• Berpesta di perahu di Phnom Penh

• Kunjungan Museum Tuol Sleng & Choeng Ek Memorial

TIME ZONE

Zona Waktu Kamboja adalah UTC+7.

VISA

Paspor tidak hanya penting tetapi Anda juga perlu memastikan bahwa paspor anda berlaku selama setidaknya enam bulan sesudah akhir perjalanan Anda – imigrasi Kamboja tidak akan mengeluarkan visa jika paspor Anda memiliki validitas kurang dari enam bulan. Semua pengunjung, kecuali warga negara Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Laos, Thailand dan Vietnam memerlukan visa untuk memasuki Kamboja. Harga resmi untuk visa turis adalah US $ 20, dan US $ 25 untuk visa biasa.

Visa dapat diperoleh di kedutaan atau konsulat Kamboja. Visa juga tersedia “on-Arrival” di kedua bandara internasional, semua enam penyeberangan perbatasan internasional dengan Thailand, beberapa penyeberangan perbatasan internasional dengan Vietnam, dan di perbatasan utama dengan Laos.

• Visa Turis: semua berlaku untuk tinggal hingga 30 hari. Visa yang dikeluarkan di muka berakhir 90 hari setelah penerbitan. Di Phnom Penh (atau di tempat lain melalui agen), visa turis dapat diperpanjang hanya sekali, dengan 30 hari tambahan dengan biaya US $ 15.

• Visa-E atau Visa Bisnis – ini adalah pilihan terbaik bagi mereka yang ingin tinggal selama lebih dari dua bulan dengan beberapa entri, karena visa bisnis dapat diperpanjang tanpa batas (sekitar US $ 145 per 6 perpanjangan bulan dan US $ 290 per 12 bulan perpanjangan) dan memiliki status multiple entry ketika (dan hanya jika) diperpanjang. Kebanyakan agen perjalanan di Phnom Penh dapat membantu proses ekstensi.

WEATHER

Seperti kebanyakan dari Asia Tenggara, iklim Kamboja panas dan hangat hampir sepanjang tahun. Iklim didominasi oleh siklus muson tahunan yaitu musim hujan dan musim kemarau. Musim hujan berlangsung dari Mei sampai Oktober, dan musim kemarau dari bulan November hingga April. Desember-Januari adalah periode paling sejuk, sementara periode terpanas adalah pada bulan April. Suhu rata-rata sekitar 27-28ºC.

REFERENCES

IMAGE GALLERY:

Tonle Sap Image by Jialiang Gao from: http://en.wikipedia.org/wiki/File:Water_Dwelling_Tonle_Sap_Cambodia.jpg

Silver Pagoda Image by plusgood from: http://en.wikipedia.org/wiki/File:Silverpagoda.jpg

Irrawaddy Dolphin Image by sgforums.com from: http://sgforums.com/users/128700/posts?page=4

Apsara Dance Image by dalbera from: http://treasuresofcambodia.blogspot.com/2012/09/where-you-find-best-dance-performances.html

Amok Trei Image by Mat Connolley from: http://en.wikipedia.org/wiki/File:Amok_Cambodian_curry.jpg

Choeung Ek Image by Timgray200 from: http://en.wikipedia.org/wiki/File:Buddhist_Stupa_at_Choeung_Ek_killing_fields,_Cambodia.JPG

Tuol Sleng Museum Image by Donovan Govan from: http://en.wikipedia.org/wiki/File:S-21_Skull_Map.jpg

Bayon Image by Hans Stieglitz from: http://en.wikipedia.org/wiki/File:Das_L%C3%A4cheln_von_Angkor.jpg

Siem Reap Image by lifeinthetropics.org from: http://lifeinthetropics.org/2012/09/04/discovering-siem-reap/

Koh Russei Image by Lina from: http://www.movetocambodia.com/islands/cambodia-island-getaways/

Buffalo Racing Image by Nicholas Axelrod from: http://www.nicolasaxelrod.com/2012-in-pictures/

Royal Palace Image by Nikin Kovilakath from: http://en.wikipedia.org/wiki/File:Throne_Hall,_Royal_Palace,_Phnom_Penh,_Cambodia.jpg

Bon Om Tuk Image by stowawaymag.com from: http://www.stowawaymag.com/2011/09/bon-om-tuk/

Kuy Teav Image by Lina from: http://www.movetocambodia.com/food/eating-street-food-in-cambodia/

Psar Toul Tom Poung Image by carburetorman.blogspot.com from: http://carburetorman.blogspot.com/2010/05/psar-toul-tom-poung-russian-market.html

Popokvil Waterfalls Image by wotif.com from: http://www.wotif.com/hotels/thansur-bokor-highland-resort.html

Preah Vihear Image by HALO Trust from: http://www.flickr.com/photos/thehalotrust/5355104834/

Bokor Hill Station Image by Mat Connolley from: http://en.wikipedia.org/wiki/File:Bokor_palace_hotel_Cambodia.jpg

Prasat Thom Image by thomaswanhoff from: http://en.wikipedia.org/wiki/File:Koh_Ker_temple(2007).jpg

Angkor Wat from above Image by wonderfull-tourism.blogspot.com from: http://wonderfull-tourism.blogspot.com/2011/07/angkor-wat-core.html

PAGE:

Image by Bjørn Christian Tørrissen from http://en.wikipedia.org/wiki/File:Angkor_Wat.jpg

http://wikitravel.org/en/Cambodia

http://en.wikipedia.org/wiki/Cambodia

http://www.roughguides.com/travel/asia/cambodia.aspx

http://www.lonelyplanet.com/cambodia

http://www.tourismcambodia.org

http://thebodia.com/cambodia/emergency-numbers/

http://www.visit-mekong.com/cambodia/attractions/top10-attractions.htm

IMAGE GALLERY


RELATED POSTS